Kamis, 27 September 2012

apa kabarmu target?

untuk jiwa yang selalu ingin berada dalam keberuntungan di setiap waktu...di dalam al-quran telah dijelaskan bagaimanakah kah orang-orang yang beruntung itu .

(Al Ashr (QS.103:1-3)

1. Demi masa
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian.
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta’ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. 

Salah satu upaya untuk membuat waktu-waktu yang kita miliki tak sia-sia adalah membuat target dalam sehari. Target dalam artian yakni apa saja hal yang ingin kita capai. Istilah target biasanya dikenal dalam bulan ramadhan. di bulan ramadhan biasanya orang-orang menargetkan amalan apa saja yang harus dicapai, misalnya harus berapa kali mengkhatam al-quran, target hapalan, atau bahkan ibadah lain nya. hmm...amat sayang jika targetan ini hanya berlaku di hari-hari puasa saja.

jika ada banyak mimpi yang kita tulis untuk hitungan waktu masa depan seperti target impian yang ingin dicapai dalam satu tahun atau mungkin lima tahun kedepan, sebaiknya langkah kecil membentuk kedisiplinan mewujudkan mimpi itu diawali dengan menulis target diri dalam sehari. seperti dalam sehari ini apa saja kegiatan yang harus diselesaikan, amalan apa yang harus dikerjakan, dan beragam kegiatan yang sangat bermanfaat lain nya. hal ini juga melatih kita untuk membiasakan diri memanfatkan waktu sebaik-baiknya.

ada nya target sehari atau list kegiatan sehari dapat membantu kita pandai mengatur waktu, dan di iringi target ibadah yang harus dicapai melatih kita membiasakan diri menjadi pribadi yang tak luput dari tujuan hidup. Salah satu cara yang saya temui adalah dengan menulis notes (catatan) kecil sebelum tidur malam. menulis list kegiatan tersebut turut membuat efek semangat di pagi hari, semangat untuk memenuhi semua tugas dan amanah yang akan dikerjakan. 

kita tak tau kapan waktu perantauan kita di bumi-NYA ini berakhir, kita tak dapat memastikan apa-apa yang kita rencanakan dalam hitungan tahunan itu semua terwujud. tapi untuk menjadi pribadi yang beruntung di setiap waktu kita perlu terus membenah diri berusaha memaksimalkan nikmat waktu yang di berikan-NYA.

apa target mu hari ini???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar