Jumat, 09 Maret 2012

bermain sambil belajar...^_^..( maen dulu..)

"ayo dek..coba di eja agi... coba ditulis lagii..coba dibaca.." kata-kata itu terus berputar-putar sampai akhir belajar bersama selesai. Awalnya aku sedikit uring-uringan kerna dek yuda malah lebih tertarik memperhatikan pernak-pernik disekitar kamarku ketimbang memperhatikan apa yang sedang ku ajarkan. Ini kali pertama mengajar adek kecil secara private, biasanya bergerombol jadi tak begitu detail.


Dulu dek yuda sudah dua tahun di TK, dan sudah satu tahun di sekolah dasar, sekarang masih dikelas satu. bundanya khawatir kerna sudah kian lama dek yuda bahkan belum bisa membedakan huruf   'b" dan "d".

Dek yuda juga masih buta terhadap beberapa huruf, didalam dunia nya hanya ada bermain dan bermain. tak jarang bundanya di panggil ke sekolahan kerna yuda sering tidak mengerjakan tugas rumah, nilai nilainya jeblok, dan membaca nya payah. Heran nya dek yuda tidak merasa malu ketika dia sering berada di depan kelas menjadi tontonan teman-temannya, semua kegiatan adalah bermain termasuk semua hukuman yang diberikan oleh pengajar-pengajar di sekolahnya.

Ini pengalaman pertama ku dan termasuk pembelajaran besar bagiku, dek yuda tidak bodoh, tapi dia amat sangat kreatif. Anak kecil tidak bisa dipaksakan untuk langsung memahami apa yang sedang kita ajarkan. dek yuda amat aktif, sedikit kualahan ketika dia tidak bisa duduk diam saat belajar. ("gimana ngajarin anak sendiri nanti ya.."hhmm.."). Setelah beberapa pertemuan akhirnya saya dapat metode yang pas untuk mengajar dek yuda, salah satunya adalah dengan bermain. Saya gunakan uang koin, cara permainan nya saya akan memutar uang koin itu dan dek yuda harus menebak gambar yang ada di bawah telapak tangan saya. Jika tebakan yuda benar yuda akan menulis sebuah kalimat dan saya yang membaca tuisan nya..#hayyahh.. kok malah saya yang baca yaa.hehee.. ( ini melatih dek yuda untuk menulis) dan kalau dek yuda salah menebak maka dek yuda harus membaca apa yang saya tulis (ini melatihnya untuk membaca). berikutnya berbagai permainan berlangsung begitu saja "bermain sambil belajar".. Permainan yang disukainya lagi itu maen tebak-tebakkan, dan jawaban dari tebakan harus ditulis terlebih dahuu, terus dieja dan di baca.
Satu setengah jam bersama dek yuda semakin menyenangkan, saya juga akhirnya belajar bahasa jawa, kerna harus mencerna apa yang sedang diucapkan dek yuda. hehee..^_^V

sayang bunda dek yuda tidak punya banyak waktu untuk membimbing dek yuda belajar, dari kecil hingga sekarang bunda sibuk bekerja. usaha yang mulai dibangun dalam keluarga akhirnya mengorbankan waktu yang seharusnya untuk kebersamaan keluarga. Semoga bunda-bunda yang lain nya bisa meluangkan waktu lebih untuk ananda tercinta, kerna masa emas adalah ketika buah hati masih dini, masa pembentukan kebiasaan baik, pembentukan kepribadian dan masa yang seharusnya diselimuti kasih sayang kedua orang tua.

"dek yuda mau belajar pasti nanti jadi bisa dehh.. kerna kemauan akan menumbuhkan kemampuan..^__^V
saya pun sedang belajar.. "belajar menghadapi adik kecil untuk salah satu persiapan menapak kehidupan sejati nanti"...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar