Sabtu, 01 Juni 2013

(jangan) be your self !!

rasanya aku pernah baca tulisan pak mario teguh tentang "be your self", nah kata-kata itu tiba2 saja mampir pagi ini.. aku yang sedang dirundung duka cita kerna menikmati kesendirian menjadi sangat sering mikir dari pada bicara, terlalu banyak yang melintas dipikiran ku, hingga terlalu banyak ide yang menguap begitu saja.

aku mulai merencanakan berbagai hal yang sekiranya dapat mengisi waktu ketika aku sendiri, aku berpikir tentang menulis di blog, merancang bisnis soevenir yang masih di awang2, tapi setelah ku timbang2 semua rencana itu pernah ku masukkan dalam draft impian yang sempat berjalan terseok-seok, dan sekarang seperti kegiatan yang hanya hangat di awal semua malah jadi mati suri, aku banyak melupakan agenda rutin yang ku mantapkan dulu, ini buah tak disiplin atau terlalu meremehkan sesuatu atau jangan jangan ini sebagian hanya bunga dari impian orang lain yang berhasil membuat ku kagum dan jadi ikut-ikutan...entahlah...

 "be your self"... rasanya aku tak begitu suka menulis, aku hanya sekedar kagum dengan berbagai karya orang lain yang mampu mengaduk emosi pembaca, aku kagum dengan orang-orang kreatif yang dapat menuangkan kembali ide-ide dalam bentuk tulisan, rangkaian suku kata yang disulap jadi apik dan bermakna, aku sekedar suka dan membuat alam bawah sadarku mengikuti alur tersebut, apa aku suka menulis?? aku rasa tidak juga, buktinya sejauh aku bertekad untuk rutin mengasah kemampuan menulis semua masih stagnan, tak bergerak bahkan begitu datar. "
well apa ini termasuk aku tak menjadi diri sendiri yaa..ketika aku mengikuti jejak orang lain untuk menuai keberhasilan yang sama, aku ingin menjadi termasuk orang-orang yang kreatif mengolah kata, berbagi dalam tulisan yang bermanfaat, aku sering sekali memaksakan diri untuk menulis padahal sebenarnya keinginan itu terlalu sering manjadi lusuh, keinginan tersebut menghilang begitu saja seiring ada hal-hal baru yang menarik hatiku, yah..kekaguman baru pada hal lain..

aku juga suka melihat orang-orang merangkai kerajinan tangan, membuat soevenir semacam bros bros kecil, sampul diari sampai boneka, aku kagum melihat tangan mereka piawai membuat benda-benda baru, sangat cantik dan pastinya sangat bermanfaat, apalagi jika dijadikan sebuah bisnis kecil yah cukup untuk mengasah jiwa entrepreneur, jadilah aku seperti terbawa arus turut mengikuti jejak orang-orang yang menyukai kerajinan tangan, tapi semua itu juga tak berlangsung lama, jika ada hal baru yang lebih menarik hati aku cepat berpaling meninggalkan hal yang baru ku kagumi, apa ini yang disebut tidak "be your self ya"...??

well...pagi ini aku sedang memikirkan hal-hal tersebut, bagiku hal remeh seperti ini bisa jadi amat sangat rumit, itu petanda ternyata selama ini aku belum mempunyai arah yang jelas tentang hal apa yang benar-benar sebaiknya aku kembangkan. ini termasuk tidak "be Your self" kerna aku mudah berpaling hati, nanti suka ini sekian detik kemudian bisa berubah jadi suka itu...dan khawatirnya malah semua tidak terasah secara maksimal.. itu pikiran ku tadi pagi, tapi tiba-tiba saja aku ingat kata-kata mario teguh..( pas kali pak mari masuk dalam pikiranku)..

aku ingat tulisan bahwa "(jangan)be your self" jika ternyata selama ini "your self" sama sekali tidak menaikkan kwalitas hidup anda, jika ternyata "your self" malah cenderung pada hal-hal negatif. hhmm....ini menjadi catatan penting bagi pribadi ku, tak masalah jika kita tidak "be our self", jika sejauh kita ingin memperbaiki diri dengan mengikuti jejak orang lain yang terlebih dahulu naik ke tangga kesuksesan. sejauh kita lebih condong mengikuti hal-hal yang positive, dan ternyata condong pada hal-hal yang positive itu mengasah diri kita sendiri untuk memperbaiki diri, menjadi sepantas-pantasnya pribadi yang berkwalitas, dan bisa hal apa saja, tidak hanya satu kemampuan tapi sampai beraneka ragam keahlian harus kita pahami dan terapkan..dengan demikian be your self kali ini aku terjemahkan dalam kata lain.." jadilah dirimu sendiri, jika menjadi diri sendiri itu meningkatkan kwalitas hidup, tidak terbawa arus keburukan, tidak membiarkan diri jatuh dalam kebodohan"...

"be your self"...untuk tujuan kehidupan sebenarnya. (Adz Dzariyat [51] : 56].

 temanggung hujan...#merindu pada jiwa yang semangat belajar"... duhai diri...bagaimana kabarmu?? jangan-jangan terlalu kagum dengan dunia hingga lupa tujuan sebenarnya".. awal juni, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar